1. Dasar Hukum

Surat Edaran Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 04 Tahun 2013 tanggal 21 Maret 2013 tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar kepada Pegawai Negri Sipil (PNS) Peraturan Bupati Majalengka  Nomor 16 tahun 2008 tentang Pedoman Pemberian Izin Belajar dan Tugas Bagi Pegawai Negri Sipil Daerah.

  1. Persyaratan
  1. Surat rekomendasi untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi dari Kepala BKPSDM , sebelum yang bersangkutan mendaftar ke perguraan Tinggi.
  2. Pendidikan yang akan ditempuh harus linier sesuai dengan formasi jabatanya dan dibutuhkan oleh OPD masing-masing.
  3. Permohonan penerbitan keputusan tugas Belajar atau Surat Izin Belajar Pegawai Negeri Sipil agar disampaikan selambat-lambatnya 1(satu) bulan setelah yang bersangkutan dinyatakan diterima sebagai pelajar/mahasiswa dengan disertai berkas persyaratan:
    1. Surat permohonan ditunjukan kepada Bupati majalengka melalui Kepala BKPSDM;
    2. Foto copy SK Pengangkatan dan SK terakhir Dilegalisir;
    3. SKP 1 tahun terakhir ;
    4. Izajah terkahir dilegalisir oleh pejabat berwenang.
    5. Surat keterangan lulus Seleksi dari Perguruan Tinggi/Fakultas.
    6. Surat keterangan akreditas fakultas minimal Akreditas  B.
    7. Surat keterangan tidak menganggu  Jam kerja.
    8. Surat pernyataan Tidak akn menuntut penyesuaian Ijazah dan,
    9. Profil SAPK (data-data di isi lengkap termasuk foto PNS).
  4. Masa Kerja Pegawai Negri Sipil yang mengajukan permohonan keputusan Tugas Belajar atau Surat Izin Belajar paling kurang 1 tahun terhitung sejak diangkat sebagai Pegawai Negri Sipil.
  5. Permohonan Penerbitan Keputusan Tugas Belajar atau Surat Izin Belajar yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, tidak akan kami terbitkan,berlaku sejak surat edaran diterbitkan.
  1. Prosedur Pelayanan
  • Pemberian Surat Izin Belajar
  1. Organisasi Perangkat Daerah mengirimkan pengajuan permohonan ijin belajar kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
  2. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia  melakukan pemeriksaan dan penelitian berkas kelengkapan untuk persyaratan permohonan izin belajar.
  3. Berkas yang lengkap dan memenuhi persyaratan diterbitkan surat permohonan persetujuan izin belajar  oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
  4. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyerahkan persetujuan izin belajar  yang sudah jadi ke PNS yang bersangkutan.

 

 

 

  • Pembuatan Draft Surat Keputusan Bupati Tentang Pemberian Tugas Belajar.
  1. Pegawai Negri Sipil yang bersangkutan membuat pengajuan permohonan sk Bupati tugas belajar ke PD
  2. PD menyerahkan surat permohonan sk Bupati Tugas Belajar kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  3. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia  melakukan pemeriksaan dan penelitian berkas kelengkapan untuk persyaratan permohonan izin belajar.
  4. Berkas yang lengkap dan memenuhi persyaratan diterbitkan surat permohonan persetujuan izin belajar  oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
  5. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyerahkan persetujuan izin belajar  yang sudah jadi ke PNS yang bersangkutan.

 

 

  1. Waktu penyelesaian

Tergantung dari kelengkapan berkas pengajuan surat izin belajar.

  1. Produk

Surat Izin Belajar dari Kepala BKPSDM

  1. Kompitensi Petugas / Pengelola
  1. Pemahaman peraturan perundang-undangan.
  2. Pemahaman operasional komputer.

 

 

 

 

 

 


Pengumuman  

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

  2018-11-02

Pengumuman Perubahan Jadwal Pelaksanaan Ujian SKD CPNS Kab. Majalengka Tahun 2018

  2018-10-28

Pengumuman tentang Revisi Pengumuman Nomor 13/Pansel.Cpns.Mjl/2018 Tentang Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Majalengka Tahun 2018

  2018-10-28

Pengumuman Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :