Pelatihan Dasar CPNS

  1. Dasar Hukum

Pelaksaan pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III merupakan Inpelmentasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000,sedangkan untuk Teknis Penyelenggara berdasar pada keputusan Kepala Lembaga Admistrasi Negara Republik Indonesia Nomor : 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Dasar Clon Pegawai Negri Sipil.

  1. Persyaratan

Persayaratan Peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan II:

  1. Telah ditetapkan sebagai CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian instansinya;
  2. Surat Keterangan sehat dari Dokter Pemerintah;
  3. Surat Penugasan dari Pejabat Pembina Kepegawaian instansinya
  4. Surat pernyataan untuk memeatuhi ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraaan pelatihan dasar CPNS dengan menggunakan Formulir 1.
  1. Prosedur Pelayanan

Penyelenggaraan Pelaihan Dasar dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV

  1. Jabatan Pelaksana Mendata Calon Pegawai Negri Sipil yang belum mengikuti pelatihan dasar CPNS dan atau Diklatpim  Tk.IV kemudian Data dikirimkan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
  2.  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia memverfikasi data CPNS yang memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan dasar CPNS dan atau Diklatim TK. IV.
  3. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan laporan hasil kordinasi kepada Jabatan Pelaksana yang terkait.
  4.  Pelaksana membuat konsep surat permohonan fasilitas [enyelenggaraan latsar CPNS dan atau Diklatpim kemudian mengirimkan kembali kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.
  5. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia memeriksa dan memaraf surat permohonan fasilitas penyelenggaraan latsar dan atau Diklaptim Tk.IV
  6. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan Surat Permohonan fasilitas penyelenggaraan latsar CPNS dan atau Diklatpim Tk.IV kepada Lembaga Diklat Terkareditas.
  7. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia,Jabatan Pelaksanaan, dan Lembaga Diklat melakukan Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Latsar CPNS dan atau Diklaptim Tk. IV.
  8. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia,Jabatan Pelaksana, dan Lembaga Diklat Melakukan Rapat Persiapan penyelenggaraan  Latsar CPNS dan atau Diklaptim Tk.IV internal BKPSDM.
  9. Jabatan Pelaksana membuat konsep surat perintah tugas bagi peserta Latsar CPNS dan atau Diklaptim Tk. IV yang telah diperiksa Kasu Bidang PSDM.
  10. Kepala BKPSDM memeriksa dan menandatangani surat perintah tugas serta mendistibusikan surat Perintah Tugas kepada Jabatan Pelaksana.
  11. Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV diselenggarakan.
  12. Lembaga Diklat memberikan Laporan pelaksanaan kegitan kepada  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.

 

 

  1. Waktu Penyelesaian

18 (Delapan Belas) Hari Kerja

  1. Produk

Surat STTP

  1. Kompetensi Petugas
  1. Pemahaman peraturan perundang-undangan.
  2. Pemahaman operasional komputer.

 


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :