Pembekalan Wawasan Bagi PNS yang akan Pensiun Tahun 2016
 09/04/2015   admin       bkd    majalengka    pns

Masa purna bhakti adalah dimensi yang sangat rentan terhadap pergeseran mental, kemunduran fisik dan berkurangnya produktifitas kerja. Hal inilah yang sering memicu terjadinya krisis interpersonal atau yang dikenal dengan Post Power Syndrome.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya pembekalan wawasan yang menambah pengetahuan dan keterampilan para pegawai yang akan memasuki masa pensiun. Setelah memasuki masa purna bhakti kadang para pegawai bingung bagaimana mendapatkan tambahan pendapatan selain gaji pensiun yang diterima.

Pembekalan wawasan ini disusn untuk membekali persiapan para pegawai yang akan purna bhakti, dengan kesadaran berwirausaha dan motivasi untuk merubah diri dari konsep ketergantungan menjadi kemandirian dan membangun pemahaman terhadap etika bisnis serta wawasan dan keterampilan berwirausaha.

BKD Majalengka menyelenggarakan pembekalan bagi PNS yang akan pensiun tahun 2016 dengan maksud untuk menyiapkan mental psikologis memasuki masa pensiunyang ibaratnya memasuki dunia baru, sehingga dapat memberikan rasa aman dan percaya diri ketika memasuki masa pensiun. Sedangkan kegiatan ini mempunyai tujuan memberikan motivasi sekaligus menambah wawasan yang komprehensif mengenai berbagai usaha yang dapat dijadikan referensi terutama setelah PNS memasuki masa purna bhakti.

 

Materi yang disampaikan diantaranya bimbingan spiritual menghadapi purna bhakti dan membangun jiwa enterpreneurship dan solusi permodalannya yang disampaikan oleh motivator dari Bank Saudara, kemudian tatacara budidaya ikan air tawar dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka yang dilanjutkan dengan kunjungan ke sentra usaha Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar dan pembuatan moci lampion di Sukabumi.

 

Adapun pesertanya diantaranya:

  1. Berdasarkan jenis kelamin: Laki-laki sebanyak 223 orang, Perempuan 79 orang;
  2. berdasarkan Golongan: Golongan IV 137 orang, Golongan III 92 orang, Golongan II 73 orang;
  3. berdasarkan jabatan: Fungsional Guru sebanyak 100 orang, pengawas sekolah 9 orang, penilik sekolah 1 orang, fungsional penyuluh 19 orang, fungsional perawat 5 orang, fungsional bidan 2 orang, fungsional arsiparis 2 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 164 orang.

Sehingga total PNS yang akan pensiun pada tahun 2016 mendatang sebanyak 186 orang.


  Username
  Email
Komentar  

  Sutardjo,SH  |    

BKD Majalengka sangat Positif untuk menginfirasi Para Pns yang Pra Purna maupun yang sudah Purna


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :