Mutasi Struktural dan Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka
 04/03/2015   admin       kepala    majalengka    pemimpin    pns

Bertempat di Gedung Yudha Karya Abdi Negara, tepatnya hari jum'at tanggal 27 Februari 2015 Bupati Kabupaten Majalengka memberikan sambutan sekaligus melantik serta memberhentikan struktural dan Kepala Sekolah. Terdapat 68 Pegawai Negeri Sipil Struktural yang dinyatakan mutasi, diangkat maupun diberhentikan. Diantara 68 Struktural yang diberhentikan, terdapat 2 orang dengan alasan sakit dan seorang yang menyatakan mengundurkan diri. Sedangkan Kepala Sekolah yang berhenti dan diangkat atau dimutasikan sebanyak 139 orang.

 

Dalam sambutannya, Bupati Majalengka menyatakan: "terdapat 3 sasaran yang akan diterapkan ditataran birokrasi pemerintahan dalam pencanangan gerakan nasional revolusi mental Bapak Presiden Jokowi". Sasaran yang dimaksud adalah:

  1. Merubah mindset cara berpikir dan cara pandang aparatur. Aparatur bukan lagi untuk dilayani oleh rakyat tetapi harus selalu siap melayani kepentingan rakyat yang membutuhkan.Merubah mindset cara berpikir dan cara pandang aparatur. Aparatur bukan lagi untuk dilayani oleh rakyat tetapi harus selalu siap melayani kepentingan rakyat yang membutuhkan.
  2. Restrukturisasi organisasi yang sesuai kebutuhan, efektif dan efisien.
  3. Kultur dan budaya kerja. Seorang aparatur harus memiliki budaya kerja yang lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan mengedepankan kebersamaan dan gotong royong.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pemerintah kabupaten majalengka menerapkan kebijakan dalam bentuk revolusi totalitas yang diantaranya kebijakan dalam bidang kepegawaian yaitu penataan sumber daya aparatur termasuk tenaga kontrak. Saat ini pemerintah daerah sedang melaksanakan rasionalisasi tenaga kontrak yang ada di setiap opd. Ini agar tenaga kontrak yang ada di opd benar-benar untuk mengerjakan tugas sebagai cleaning service, penjaga malam dan tenaga khusus lainnya yang dibutuhkan seperti operator SIAK, satuan polisi pamong praja dan lainnya. Sedangkan tugas-tugas administrasi perkantoran agar dikerjakan oleh pns yang ada. Penarikan sekretaris desa yang berstatus pns juga sedang dikaji untuk ditempatkan di opd yang membutuhkan. Mudah-mudahan dengan kebijakan ini akan mewujudkan profesionalisme bagi aparatur.

 

Sedangkan di bidang pendidikan, kebijakan yang diambil adalah:

  1. Keputusan Bupati nomor 421.2/kep.15-disdik/2015 tanggal 4 februari 2015 tentang penggabungan dan perubahan nama sekolah dasar negeri di kabupaten majalengka yang didalamnya memuat penggabungan atau merger 158 sekolah dasar, sehingga jumlah sdn yang semula 822 unit menjadi 664 unit. Dengan merger ini akan berdampak positif terhadap efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan dan angggaran khususnya anggaran sarana dan prasarana sekolah. Dengan begitu bantuan ke tiap sekolah dapat lebih besar sehingga bisa membangun fasilitas sekolah seperti perpustakaan dan fasilitas lainnya yang layak.
  2. Penataan bagi guru yang mengajar di sekolah-sekolah swasta. Tujuan penataan ini adalah agar tidak akan ada sekolah negeri yang kekurangan guru mata pelajaran padahal di sekolah swasta terdapat guru pns mata pelajaran tersebut. Namun apabila ada guru pns yang masih kekurangan jam mengajar 24 jam perminggunya di sekolah negeri maka silahkan mengajar di sekolah swasta untuk menutupi kekurangan jam mengajarnya. Kebijakan ini juga akan lebih mengontrol terhadap pembinaan karier guru termasuk dalam hal pengurusan administrasi kepegawaiannya.

 


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :