Diklat Calon Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka
 28/02/2015   admin       pemimpin

"Kepala Sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin guru dan staf administrasi serta siswanya dalam unit organisasi dibawah Dinas Pendidikan Kabupaten yang dinamakan Sekolah" demikian yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dalam acara Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka hari Senin 16 Februari 2015. Disampaikan pula bahwa Kepala Sekolah sebagai pemimpin yang harus memiliki sifat jujur, percaya diri, tanggung jawab, berani mengambil resiko dan keputusan. Oleh karena itu, sebagai calon pemimpin harus dipersiapkan sematang mungkin.

 

Diklat Calon Kepala Sekolah ini diselenggarakan dengan tahapan:

  1. Satu minggu, In Service Learning 1, bertempat di LPPKS Karanganyar - Jawa Tengah. Kegiatan pada tahap ini adalah pembekalan berupa materi kepemimpinan.
  2. On The Job Learning 1 dan 2, yaitu berupa kegiatan magang di tempat masing - masing sekolah asal. Kegiatan ini dilaksanakan masing - masing 1 bulan.
  3. In Service Learning 2, sama seperti In Service Learning 1. Bertempat di LPPKS, kegiatannya berupa presentasi hasil In The Job Learning 1 dan 2 dan dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 8 s/d 10 Mei 2015.

Diharapkan diklat ini menghasilkan Kepala Sekolah yang mampu menjadi pemimpin bagi guru, staf administrasi serta siswa sekolah sebagai unit organisasi dibawah Dinas Pendidikan, serta meningkatkan dunia pendidikan di Lingkungan Kabupaten Majalengka khususnya.

 

Sebelum ke diklat, peserta calon kepala sekolah diharuskan melalui beberapa proses baik administratif maupun akademik. Pada tahap administratif, yaitu dilaksanakan di OPD Dinas pendidikan menyeleksi bakal calon kepala sekolah yang hasilnya kemudian diserahkan ke BKD Kabupaten Majalengka. Tahap selanjutnya yaitu seleksi akademik, tahap ini terjaring sebanyak 115 orang yang lulus dari sebanyak 135 orang yang mengikuti seleksi akademik.

Untuk selanjutnya, calon Kepala Sekolah akan menerima Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) sebagai pengakuan lulus mengikuti diklat ini. Nomor unik ini dikeluarkan oleh LPPKS sebagai lembaga yang penjamin mutu serta pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah.


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2020-05-04

Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2020-05-02

Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

  2020-05-02

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017

  2020-05-02

Peraturan Bupati Majalengka Nomor 23 Tahun 2016

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :