Tujuh Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disukai Bawahan
 24/09/2016   admin       pemimpin

Menjadi seorang pemimpin yang dapat membuat karyawan semangat dalam bekerja, merupakan sebuah prestasi yang sangat baik dan di inginkan oleh semua pemimpin.

 

Selain itu, membangun kinerja yang baik dan menjadi sosok pemimpin yang menginspirasi juga akan membangun relasi kerja yang baik antar pegawai. Dikutip dari Michaelpage.co.id, berikut ini delapan cara yang dapat anda lakukan untuk menjadi bos yang hebat.

 

1. Tulus

 

Ketika anda berdiri di posisi dengan kekuasaan tinggi, maka anda berusaha sebaik mungkin memproyeksikan citra diri dengan sempurna. Namun baik menurut anda, belum tentu di anggap sah oleh beberapa orang.

Di lain hal anda juga tidak dapat memaksakan orang lain untuk memahami diri anda. Oleh karenanya, berusahalah untuk dapat bersikap tulus pada karyawan atau bawahan anda apa adanya.

Meskipun anda memiliki sikap buruk sebelumnya, namun jika anda mau tulus maka akan timbul koneksi pribadi yang membuat karyawan akan menghargai anda.

 

2. Dengar dan belajar

 

Menjadi seorang atasan yang baik, harus meluangkan waktu sejenak untuk menjalin hubungan dengan tim. Pastikan anda mendengar dan mengetahui setiap detail dan permasalahan yang ada di organisasi anda.

Sebagai seorang pemimpin yang peduli dengan karyawannya, maka mereka juga akan merasa di hargai sehingga melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan bersemangat. Untuk melakukan hal demikian, pendekatan secara personal lebih di butuhkan.

 

3. Beri dan terima saran

 

Komunikasi yang baik adalah dengan terjadinya umpan balik, tanpanya komunikasi anda tidak akan berjalan dengan lancar. Anda harus bersedia menerima dan bertindak atas umpan balik yang anda dapatkan.

Tidak perlu menunggu penilaian tahunan untuk meningkatkan produktivitas organisasi anda. Jangan lupa untuk meminta umpan balik kepada karyawan tentang diri anda. sehingga dapat terjalin relasi yang positif.

 

4. Akui kesalahan

 

Tidak ada manusia yang sempurna, meskipun anda seorang pemimpin. Akui kesalahan yang pernah anda lakukan dan ingatkan kepada pekerja. Hindari bersikap pura – pura seolah tidak tahu untuk memperbaiki citra diri ana.

Dengan mengakui kesalahan yang anda perbuat, anda juga dapat meminta saran dan masukkan tentang kesalahan anda.

 

5. Bersosialisasi

 

Meluangkan waktu bersama rekan – rekan kerja dan bawahan anda bukanlah sesuatu yang buruk. Anda tidak hanya menghabiskan waktu di kantor dengan tim anda. Cobalah luangkan waktu minimal setiap minggu untuk tetap terhubung dengan orang – orang di tim anda.

Anda bisa melakukan hal – hal sederhana seperti minum kopi bersama dan menceritakan tentang diri masing – masing. Memiliki hubungan sosial yang baik akan membantu anda dalam membangun hubungan yang lebih positif di lingkungan kerja.

 

6. Positif

 

Tahukah anda bahwa perilaku positif dapat menular, sama halnya seperti perilaku negatif. Seperti misal anda berkeliaran di kantor dengan memasang muka yang masam, tentu tim anda akan merasa tidak nyaman dengan sikap anda.

Sikap positif dan perilaku optimis mencerminkan hal yang baik bagi diri anda. Tidak hanya anda, sekeliling anda pun akan merasa bahagia melihatnya. Antusiasme juga menular, sehingga dapat membuat kinerja tim jauh lebih baik.

 

7. Tidak menyalahkan

 

Jangan melepaskan tanggung jawab kepada karyawan, sebagai seorang pemimpin anda harus bertanggung jawab secara penuh untuk kesuksesan maupun kegagalan mereka dan tim anda. Pemimpin yang baik tidak serta merta membiarkan karyawan mereka menjalankan sesuatu dengan tidak beraturan.

Ketika salah seorang karyawan anda melakukan kesalahan maka dia harus bertanggung jawab, namun anda juga dapat memberikan contoh yang baik serta tindakan untuk menyelesaikan kesalahan dari pada menyalahkan anggota tim anda.

 

 

Sumber : uceng999dotcom


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :