Rumus Matematika : 1 + 2 = 12
 10/12/2015   admin       bkd    majalengka    pegawai    pns

Formula di atas, memang tidak benar menurut kaidah ilmu matematika, bahkan, anak saya pun protes melihat judul tersebut dan “memaksa” saya agar menaruh angka yang benar menurut perhitungan umum yang seharusnya. Ya! Siapa pun tahu jika 1+2 pasti menghasilkan jumlah 3. Tetapi saya meletakkan jumlah lain yang memang tidak umum; tidak benar sepenuhnya menurut kaidah ilmu matematika, tetapi sebenarnya perlu untuk diketahui dan membantu Anda mencapai keberhasilan dalam kepemimpinan Anda.

 

Mengapa 12? Coba gunakan kedua tangan Anda sekarang. Tangan kanan menunjukkan angka 2, dan yang kiri 1, dan berkatalah 1+2 sambil menggabungkan kedua tangan Anda. Nah, yang akan Anda hitung adalah jumlah jari yang digabungkan, dan ketika dihitung pasti berjumlah tiga. Tetapi, coba dekatkan kedua tangan Anda. Sekarang Anda bisa menyebut 12 juga, bukan? Umumnya, formula penambahan ini memang menghasilkan hanya 3, tetapi di jiwa pemimpin visioner, ketika tangan kanan menunjuk 2 dan tangan kiri menunjuk 1, hasilnya bisa juga terbaca 12. Mustahil? Tentu tidak! Apa saja bisa tercapai jika kita berani menetapkan sejauh mana kita berani bermimpi dan mencapai apa yang kita tetapkan. Tidak masalah meski yang ada di tangan saat ini hanya 3, kita tetap bisa membentang hingga 12 jika kita mau! Sepanjang kita berani bermimpi, sepanjang itu kita memiliki visi.

 

Mengapa perlu keberanian untuk bermimpi? Ini bukan main-main. Sungguh-sungguh perlu keberanian besar untuk bermimpi dan ketetapan hati mewujudkannya. Berbeda dengan berkhayal, di mana proyeksi keinginan hanya sebatas angan-angan yang tak berdasar. Mimpi digerakkan oleh motivasi mengubah keadaan, mengarahkan segala usaha mencapai tujuan, dan memimpin perubahan diri (self transformation). Jadi, jika Anda punya mimpi tanpa tujuan, Anda hanya sedang berkhayal.

 

Pemimpin yang membiasakan diri melihat jauh ke depan, adalah pemimpin dengan mimpi besar: seorang visioner untuk dirinya, dan orang-orang yang dipimpinnya. Yang berani memroyeksikan mimpinya, dan mengarahkan orang lain mencapainya bersama. Seorang pemimpin tanpa visi, seumpama seorang yang mengancingkan baju dari atas pada lobang yang salah, maka lobang kancing berikutnya pun akan menempati tempat yang salah. Pemimpin tanpa visi, akan membuat langkah salah, membingungkan, dan tidak tepat – dan itu akan diikuti oleh orang-orang yang dipimpinnya. Tidak ada tujuan yang dapat dicapai dengan cara ini.

 

Pemimpin dengan mimpi adalah pemimpin dengan optimisme dan energi positif besar, yang mampu melihat bahwa jika 1+2 bisa berjumlah 3 tetapi juga mampu meyakinkan orang lain untuk dapat melihat hasil 12 dari perhitungan yang sama. Ia senantiasa melihat resources dan peluang tak terbatas dari fakta yang ada. Pemimpin seperti inilah yang dapat membawa perubahan signifikan bagi dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

 

Sekarang ini, lebih banyak pemimpin yang bergulat pada masalah dan fakta mengikat, yang memutuskan untuk mencari kesalahan daripada jalan ke luar. Pemimpin yang menantikan timnya bekerja dengan hasil tanpa memberikan bimbingan jelas. Pemimpin yang duduk di kursi bos membaca berita dan menyampaikan fakta buruk tentang keadaan ekonomi terpuruk kepada anak buahnya, daripada memberi motivasi tentang roda bisnis yang terus berputar yang akan membawa keadaan sulit ini berganti baik. Pemimpin yang menantikan laporan dan menyalahkan sistem manajemen yang tidak efektif, bukannya yang menyelidiki keadaan dan merancang sistem yang lebih baik. Sekarang ini, lebih banyak pemimpin yang ”bekerja” dari kerja keras orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin seperti ini tidak mengembangkan spirit visioner dalam kepemimpinannya, dan kehilangan arah pada pencapaian tujuannya sendiri.

 

Apa pun gaya kepemimpinan Anda, spirit visioner harus hidup dan berkembang dalam pola kepemimpinan yang Anda lakukan setiap hari. Spirit visioner adalah salah satu yang membedakan fungsi dan peran Anda sebagai pemimpin dari orang lain. Ini yang menjadikan kepemimpinan Anda  berhasil.

Pemimpin Spirit Visioner mengarahkan orang-orang yang dipimpinnya untuk:

  1. Tahu apa yang harus dilakukan. Berikan visi dan target yang jelas. Tidak ada bawahan yang dapat dengan persis melakukan pekerjaan jika tidak ada bimbingan atas apa yang harus mereka lakukan. Terjemahkan tujuan hingga pada bagian yang detail untuk masing-masing orang. Ingat, setiap orang harus mendapatkan porsi yang sesuai dengan bidang mereka, dan target yang jelas.
  2. Tahu mengapa mereka melakukannya. Bagikan visi Anda, kemudian motivasikan mereka untuk mengambil visi itu menjadi mimpi mereka juga, sehingga semangat yang sama meraih tujuan mengarahkan mereka melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan benar. Alasan adalah motivasi terbesar orang melakukan pekerjaan dengan maksimal. Beri mereka alasan yang menggugah jiwa.
  3. Tahu bagaimana melakukannya. Buat mereka kreatif, dan arahkan pada kualitas kerja optimal, meski ini berarti Anda harus menggulung lengan baju dan terjun langsung bersama mereka. Pemimpin yang meluangkan waktu dan menunjukkan bagaimana melakukan pekerjaan dengan lebih baik, memberikan kontribusi besar pada semangat kerja bawahannya, dan melatih kompetensi yang mereka butuhkan.

Pemimpin dengan visi adalah mereka yang berani menetapkan tujuan dan memiliki ketetapan hati untuk mewujudkannya. Seringkali para pemimpin menuangkan ide-ide kreatif ke dalam visi mereka, tetapi tidak cukup memiliki determinasi kokoh untuk mewujudkannya, berubah-ubah mengikuti keadaan, membuat seribu satu alasan untuk menunda, mengalihkan tujuan tanpa pertimbangan, atau seringkali mematikan mimpi sebelum mencoba. Determinasi membutuhkan percaya, disiplin, giat, keteguhan hati dan ketajaman naluri melakukan inovasi. Jika Anda, seorang pemimpin yang memiliki mimpi namun tak memiliki determinasi mewujudkannya, sekarang waktunya Anda bangun dari dunia khayal Anda, dan bersiap untuk bergerak membawa mimpi Anda menjadi nyata. Tidak ada yang mustahil jika Anda percaya.

Percayalah, Anda sanggup memimpin dalam visi 1+2=12. Sekarang, waktunya!l


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :