Menuai Nasib
 02/04/2015   admin       himbauan    makna    pesan    saran

 

Taburlah gagasan kau akan menuai perbuatan, taburlah perbuatan kau akan menuai kebiasaan, taburlah kebiasaan kamu akan menuai karakter, tebarlah karakter kamu akan menuai nasib. (Steven R. Covey).

 

Statement tersebut sempat dikutip oleh speaker pada suatu acara gathering responden yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada awal bulan November 2012 di Makassar.

 

Dalam pertemuan tersebut kiat-kiat menggapai kesuksesan menjadi topik sekaligus menjadi isu sangat menarik dalam diskusi, antara lain:

 

Pertama, semangat.
Ternyata kata semangat sudah sering sekali digandengkan dengan kata pagi di beberapa acara pertemuan atau seminar motivasi seperti salam pembuka, Selamat dan Semangat Pagi.

Pertanyaannya, apa ada kaitan antara pagi dengan semangat? dan adakah korelasinya, kenapa orang dianjurkan harus bertebaran di pagi hari? Jawabnya, ternyata benar ada, pada saat pagi hari otak manusia menghasilkan satu zat bernama endorphin. Zat ini sangat mujarab untuk membuat manusia merasa senang, bahagia, bergairah, membangkitkan, sehingga bisa memiliki mental tangguh dan pemenang. Adapun kiat untuk menghasilkan zat tersebut antara lain: Cintailah pekerjaan anda, cintailah orang di sekitar anda, lakukan kegiatan fisik atau berolah raga, dan tersenyumlah.

 

Kedua, kemauan.
Untuk merealisasikan sesuatu, peranan kemauan sangat dibutuhkan, namun perlu disadari bahwa kata mau, tahu, ingin, niat, posisinya masih di kepala, dianggap belum cukup, sehingga yang terpenting adalah tindakan atau action. Jika anda tahu kalau tidak dikerjakan sama dengan anda tidak tahu, dan jika anda ingin kalau tidak dikerjakan sama dengan anda tidak ingin. Jadi, sebaik baik kemauan adalah yang bisa dilaksanakan secepatnya.

 

Ketiga, fokus.
Fokus adalah berpadunya antara pikiran, hati, tindakan menjadi satu. Dalam urusan pekerjaan atau bisnis, fokus menjadi sangat diperlukan karena memiliki kekuatan teramat dahsyat untuk mengakselerasi percepatan pencapaian segala tujuan, target, visi dan misi.

 

Keempat, perubahan.
Tantangan dalam menghadapi perubahan adalah bagaimana membangun sikap disiplin yang baik, disiplin dalam kaitannya dengan berpikir dan bertindak. Perubahan dalam hubungannya dengan kehidupan manusia telah melewati fase berikut yaitu : Era berburu, era bertani, era industri, era knowledge dan informasi. Segala sesuatu dimuka bumi ini ada polanya, masing-masing era tersebut memiliki kreteria dan polanya sendiri, yang tentu akan memberi pengaruh terhadap pola dan perilaku orang dalam menjalani kehidupannya, sehingga pada akhirnya juga akan menjadi acuan atau pola dalam pembentukan karakter dan nasib manusia.

 

Bicara soal cara berpikir dan bertindak manusia, ternyata bisa dipengaruhi dan dibentuk, ada empat hal yang membuat orang bisa berkontribusi dan memungkinkan bisa berubah yaitu : penuhi kebutuhan fisiknya; penuhi keinginannya untuk belajar; penuhi lingkungan hidupnya menjadi terasa enak baginya; dan penuhi kebutuhan spiritualnya.

 

Keempat komponen ini mutlak harus dipenuhi, karena kalau tidak, siapapun dia, berarti ia masih tergolong memperlakukan orang layaknya benda, sehingga dengan sendirinya pasti akan mengalami kendala dalam membuat terjadinya perubahan. Jadi kata kuncinya adalah "Tidak ada pilihan kecuali harus berubah".

 

Dalam buku The Cash Flow Quadrant, karangan Robert T. Kiyosaki, dunia pekerjaan dibagi atas empat quadrant, yang secara garis besarnya dibagi menjadi dua quadrant yaitu quadrant kiri dan kanan. Siapapun mereka, kalau di posisi kiri berarti dia mendapatkan aktif income, bila di posisi kanan artinya dia mendapatkan passive income.

 

Anda ingin berubah nasib dengan pindah quadrant dari kiri ke ke kanan? Selamat bertindak dan menikmati prosesnya.


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :