Konsisten
 17/06/2015   admin       konsentrasi    majalengka    pegawai    pns

Salah satu hal terpenting dalam kehidupan sekaligus merupakan kunci dalam meraih kesuksesan adalah sikap konsisten, bukankah ketidak konsistenan merupakan salah satu penyebab kegagalan. Manusia pada akhirnya akan lebih menyukai dan lebih mencintai orang yang memiliki konsistensi terhadap sikap dan ucapannya, tidak berubah-ubah, konsisten antara apa yang diucapkannya dengan apa yang dilakukannya, atau satunya kata dengan tindakan.

Konsisten bukan sekadar tindakan berkesinambungan, tentu harus disertai tekad semangat membara yang sangat powerful dan memiliki kemampuan mendobrak segala macam rintangan dan tantangan. Coba amati bagaimana semut bisa membangun sarangnya yang begitu besar dibanding dengan tubuhnya. sarang tersebut bila diibaratkan sebuah bangunan besar, itu hanya akan menjadi sempurna dan bisa berdiri ketika dibangun dari fondasi yang paling dasar dengan tekad sikap penuh konsistensi. Ingat jangan pernah menyepelekan hal-hal sekecil apapun, tindakan kecil yang konsisten atau berkesinambungan lebih disukai Tuhan daripada tindakan besar yang dilakukan cuma sekali.

Tulisan ini terinspirasi dari salah satu tayangan televisi dalam acara yang dibawakan oleh Ustadz Yusuf Masyur yaitu Pesantren Tahfidz Al-Quran secara on line, dengan metode One day One Ayat. Dari beberapa testimoni yang ditayangkan terlihat sekian banyak orang dari latar belakang pendidikan dan profesi yang bermacam-macam, telah membuktikan kekuatan konsisten dalam menghafal ayat-ayat Al-Quran.

Sayapun tak ketinggalan, saya telah mencoba mengikutinya secara konsisten, rasanya menyenangkan, terasa enteng, tidak merasa terbebani, sungguh sangat menarik dan membahagiakan dalam mengikuti metode menghafal ayat demi ayat, satu hari satu ayat.

Benar sangat fantastik kekuatan konsistensi, ternyata bisa membuat hafalan menjadi beberapa ayat dan bahkan bisa menghafal beberapa surah. Teriring salam dan ucapan terima kasih kepada bapak Ustadz Yusuf Mansyur, metode One Day One Ayat bukan hanya bisa membuat orang memiliki kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Quran, lebih dari itu ternyata sungguh sangat menginspirasi. Dengan metode tersebut dapat menguatkan pemaknaan bahwa, dengan sikap konsisten sesuatu yang dianggap susah, berat, bahkan mustahil sekalipun, ternyata bisa menjadi mudah, ringan dan bisa menjadi pembuktian. Benar bahwa perjalanan satu mil hingga beribu-ribu mil diawali dengan perjalanan satu langkah.

Memang sulit dipungkiri, pasti ada banyak orang mengatakan bahwa kosisten merupakan hal yang paling sulit dilaksanakan, tetapi juga penting diingat bahwa konsisten adalah menjadi modal utama dalam meraih kesuksesan. Untuk sukses dalam jangka panjang tidak ada pilihan lain, konsisten adalah pilihan mutlak. Salah satu hadist yang terkait dengan sikap konsisten adalah “Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari, langgeng atau berkesinambungan meskipun sedikit. (HR. Buhari).

Maksud kata sedikit disini lebih kepada penekanan berkesinambungan, meski sedkit tetapi dilaksanakan terus menerus, tentu pasti lebih baik lagi bila amalan yang banyak dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Untuk mencapai suatu kesuksesan, tentu memulai nya dari sesuatu yang mudah, kecil, ringan, terlebih dulu tetapi dilakukan secara konsisten, agar bisa tetap bersikap konsisten lakukanlah dengan sesederhana mungkin, make it more simple.

Dalam kaitannya dengan leadership, sikap konsisten merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh seorang leader, karena hanya dengan bersikap konsisten, seseorang bisa menjadi seorang pemimpin yang terpercaya dan dihormati oleh pengikutnya. Memang tidaklah mudah membangun suatu personal branding terkait dengan sifat konsisten, faktanya begitu banyak figur yang dengan mudah mengumbar janji, lalu dengan mudah mengingkarinya tanpa realisasi yang pasti.

Terkait dengan urusan bisnis, sikap konsisten sangat penting dibangun antara sesama pelaku bisnis, trader dalam hal ini antara suplier dan buyer harus ada rasa saling percaya, demi terciptanya aura positif yang memudahkan kelancaran bisnis dan saling menguntungkan. Sikap konsisten harus selalu hadir dalam setiap aktifitas, seperti dalam soal transaksi, utang piutang, soal pinjam meminjam, hubungan pertemanan, dengan relasi bisnis, termasuk dalam kehidupan sehari-hari dan ibadah. Pada kenyataannya, menjadi orang konsisten pasti lebih banyak diperhitungkan dalam dunia bisnis, segala kesempatan dan peluang menjadi mudah dan terbuka lebar, serta pada akhirnya bisa tercipta kerja sama yang baik dengan sesama rekan bisnis.

Jadi kata kuncinya adalah "Konsisten", kepercayaan bisa diraih dengan sikap konsisten yang berujung pada terciptanya penghargaan, dan hal tersebut berlaku untuk segala aspek kehidupan dan bagi siapa saja. Sehingga dengan demikian, sikap konsisten bisa menjadi kendali dalam menjaga derap langkah secara dinamis, untuk senantiasa mengoptimalkan dan memaksimalkan segala daya upaya yang dimiliki, serta menjadikan orang lebih fokus disertai nilai juang tinggi untuk meraih impian.


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :