DNA Organisasi
 15/12/2015   admin       bkd    majalengka    organisasi

Memilih ikan yang paling segar di pasar caranya adalah dengan melihat kepalanya, kalau kepalanya segar maka tubuhnya pun akan segar. Namun, apabila kepalanya sudah mulai membusuk, maka biasanya badannya juga sudah mulai membusuk. Mengapa? Karena kebusukan ikan dimulai dari kepalanya dengan ciri-ciri khas yaitu, mata tampak suram, tenggelam dan berkerut, insang berwarna coklat suram atau abu-abu berdempetan.

Demikian halnya dengan memilih para pemimpin yang akan dipercaya untuk membangun sebuah kesuksesan dalam korporasi/organisasi/pemerintahan. Tentu tidak bisa sembarangan memilihnya. Salah pilih, akan membuat arah dan tujuan yang ingin dicapai kandas atau tertatih-tatih.

Dalam membangun kekuatan budaya korporasi, kohesi internal harus dimulai dengan tim pimpinan. Jika tim pimpinan tidak sejalan satu sama lain, seluruh organisasi di bawahnya akan bertentangan, dan entropi budaya atau toksin birokrasi akan sangat tinggi. Faktor keberhasilan terbesar dalam membangun organisasi kinerja tinggi adalah menciptakan tim kepemimpinan yang kohesif. Hal tersebut menjadi faktor yang paling membuat korporasi/organisasi/pemerintahan dapat berjuang dan mampu bertahan di tengan iklim kompetisi dan perubahan cepat sekarang ini.

Ada tiga kualitas yang menonjol dari semua orang lain yang terkait dengan tim kepemimpinan internal yang kohesif yaitu visi bersama, nilai-nilai bersama, dan budaya ‘trust’.

Visi Bersama

Bahwa setiap orang menuju tujuan yang sama. Tanpa kesadaran akan pentingnya kesamaan visi maka yang terjadi hanyalah menjadikan posisi jabatan untuk kepentingan sesaat dan pemenuhan ego pribadi atau ego kelompok.

Nilai Bersama

Bahwa setiap orang membuat keputusan dengan pesan yang konsisten pada organisasi tentang nilai apa yang penting. Tanpa kejelasan nilai atau value yang menjadi landasan key behavior, maka setiap orang akan membuat acuan masing- masing sesuai selera dan pangalaman. Pada akhirnya hal itu akan menimbulkan kebingungan di level bawah akibat ketidakjelasan nilai.

Budaya ‘Trust‘

Adalah hal yang sangat penting. Hal ini meningkatkan kelincahan dan kecepatan dalam pengambilan keputusan, dan membangun kesatuan dalam tim. Kepercayaan menumbuhkan akuntabilitas, pemberdayaan dan distribusi pengambilan keputusan, serta merupakan dasar dalam membangun hubungan yang kuat dengan semua stakeholder.

Tanpa kepercayaan yang terjadi adalah rasa curiga antara sesama, saling menahan informasi, kontrol berlebihan, dan birokrasi yang terlalu kaku dan berliku.

Pada tahapan pembangunan kepercayaan ini transparansi harus dilakukan di setiap pengambilan keputusan agar diketahui motivasi di sebaliknya, artinya komunikasi harus dijalankan secara intensif, serta harus mau menerima ide dan pendapat dari semua karyawan/anggota.

Yang harus diperhatikan yaitu :

Ketiga hal di atas yaitu visi bersama, nilai bersama dan budaya ‘trust’, sesungguhnya adalah landasan utama pembangunan DNA Organisasi, dan hal itu bisa diciptakan secara terukur dengan mekanisme dan fasilitasi yang tepat sehingga melahirkan leaders commitment sebagai titik awal (starting point) menuju terciptanya sebuah korporasi/organisasi berkinerja tinggi.

Sebaliknya apabila ada campur tangan dari luar dalam penentuan kepemimpinan sebuah organisasi maka hal ini akan mempengaruhi kohesi kepemimpinan, artinya kita membeli seekor ikan yang kepalanya sudah mulai busuk, dan tinggal menunggu kebusukan pada badan dan ekornya.


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :