Berbuah Sepanjang Tahun
 23/12/2015   admin       bkd    majalengka

Tak terlukiskan senangnya anak saya ketika pada suatu hari kami membawanya ke rumah seorang kerabat yang tinggal di pedesaan. Lahan pertanian terbentang sepanjang pandangan mata. Empang dan ternak —yang tidak setiap hari ditemuinya di Jakarta— pun ada di sana. Betapa nikmatnya makan buah langsung memetik dari pohon, tanpa harus ke supermarket dan antre bayar.

 

Pemilik kebun pun sama senangnya dengan pujian kami atas tanah subur yang ia miliki. Selanjutnya, dengan bangga ia ceritakan beberapa proses yang ia kerjakan agar hasil kebunnya maksimal sepanjang tahun. Saya menyimak penjelasannya. Banyak sekali yang harus ia kerjakan dengan tekun untuk memastikan tanahnya dapat menghasilkan sepanjang tahun!

 

Anda dan saya, juga pasti menginginkan keberhasilan yang membanggakan dalam kehidupan. Keberhasilan adalah anugerah tanpa henti yang diberikan Allah swt sepanjang hidup kita. Kita hanya perlu mengusahakannya terjadi di setiap tahunnya!

 

Bukankah menyenangkan memiliki lahan yang terus-menerus menghasilkan, dan pohon yang berbuah sepanjang tahun? Bukankah menyenangkan jika bisnis dan pekerjaan mengalami pertumbuhan, keluarga berkembang lebih harmonis, ibadah berakar lebih dalam, persahabatan mengalami peningkatan nilai, kepemimpinan Anda mendorong perubahan positif, dan setiap hal yang Anda kerjakan meraih pencapaian?

 

Nah, sekarang, apa yang Anda inginkan terjadi dalam tahun ini? Jawablah dengan membuat sebuah daftar tentang hal-hal apa yang sangat Anda dambakan. Kemudian, periksa baik-baik daftar itu, buatlah skala prioritas dari yang paling penting, lalu periksa kembali.

 

Dari daftar terseleksi itu, apakah hal-hal yang telah Anda tuliskan itu adalah yang benar-benar Anda inginkan? Jika ya, bacakan keras-keras hingga Anda dapat mendengar suara keyakinan ke luar dari hati Anda sendiri. Ulangi beberapa kali, hingga Anda percaya bahwa Anda dapat meraih hal-hal yang telah dituliskan tersebut tahun ini juga! Sekarang, lanjutkan dengan langkah berikut ini:

 

Sejauh yang Anda Pikirkan!

Pikirkan keberhasilan, pikirkan pencapaian, pikirkan kebahagiaan, pikirkan tentang kehidupan sepanjang tahun penuh dengan kepuasan batin, dan kesejahteraan. Saya tahu, Anda pasti juga memikirkan keterbatasan Anda, mempertanyakan kemampuan diri sendiri, atau menyangsikan kedispilinan Anda menjalankan komitmen sendiri. Fokus pada keberhasilan. Maka sesungguhnya Anda sedang menggerakkan seluruh keberadaan Anda dalam mencapainya; percaya bahwa Anda telah mencapainya, maka sejauh itulah Anda akan memperolehnya. Pikirkan, fokus dan percaya membantu Anda menyelaraskan diri pada tujuan Anda tahun ini.

Keadaan hidupmu adalah cermin dari keadaan pikiranmu –Dr. Wayne W Dyer

 

Kerjakan Tanahnya!

Berpikir saja tentang sukses tanpa mengerjakan sesuatu, tentu saja omong kosong. Lakukan sesuatu! Jangan takut kotor, jika Anda menginginkan tanah yang gembur untuk siap ditanami. Gali lebih dalam apa yang Anda miliki dalam diri Anda. Kembangkan potensi-potensi Anda sekarang; ini adalah modal yang tidak harus Anda usahakan, karena Allah swt telah memberikan gratis sejak Anda dilahirkan, dan percayalah, pasti itu lebih dari satu! Perbanyak kesempatan melatih potensi, bakat dan kemampuan Anda. Mulailah dari diri sendiri sebelum Anda bekerja dengan sumber daya lain di luar Anda.

Ciptakan yang terbaik dari diri anda karena dari situlah semua tentang anda ditentukan –Ralph W. Emerson

 

Pastikan Selalu Cukup Perawatan!

Sebaik-baiknya bibit, jika setelah ditanam tidak mendapatkan perawatan maksimal, ia sama sekali tidak berharga. Sama halnya dengan hidup Anda, apa yang telah dianugerahkan, apabila itu tidak dipelihara dengan baik, maka ia tidak menghasilkan apa pun atas hidup Anda. Sama halnya dengan tanaman, perlu langkah pemeliharaan. Maka, setidaknya ada lima perkara yang perlu Anda lakukan untuk memastikan pemeliharaan hidup Anda berlangsung dengan maksimal.

1. Pastikan Cukup Sinar Matahari

Sumber kehidupan tumbuhan ada di sinar matahari. Sementara sumber kehidupan kita adalah Allah SWT. Pastikan Anda selalu menjaga hubungan Anda terpelihara baik denganNya.

2. Pastikan Cukup Pupuk

Sesekali perlu ada nutrisi tambahan pada tanaman. Nutrisi hidup Anda terletak pada kemauan Anda menghimpun kebiasaan baik, mengasah ketrampilan kepemimpinan, mengelola waktu, mengatur keuangan efisien, memelihara kedamaian, menjaga sikap hati, dan mempelajari hal-hal baru yang memperluas pengetahuan.

3. Pastikan Tidak Ada Benalu

Kendala, cobaan, kesulitan, kegagalan selalu hadir dalam hidup kita. Ia bisa tumbuh di mana saja dalam aspek kehidupan kita seperti layaknya benalu, tetapi tindakan kita menyikapinyalah, yang membuat kita dapat bertahan, dan tidak mati kering terserap keadaan-keadaan yang menyulitkan di sekitar kita. Berpikir positif sama dengan mencabut benalu sampai akarnya; kita tidak memberi kesempatan keadaan mempengaruhi pertumbuhan dan pencapaian kita.

4. Pastikan Cukup Perhatian

Sebuah penelitian pertanian di Jepang memberitahukan bahwa tumbuhan yang diberikan perhatian khusus dengan diajak bicara setiap hari, menghasilkan daun dan buah lebih baik dari tumbuhan lainnya. Jika tumbuhan saja dapat merespon sedemikian, apalagi manusia. Sediakan waktu untuk berkomunikasi, bukan sekadar bicara dengan orang lain sekitar Anda.


5. Pastikan Cukup Persediaan

Setiap panen, selalu ada lumbung yang harus diisi persediaan. Selalu ada tanaman yang tidak turut dipetik dan menjadi bibit unggulan seterusnya. Dan selalu ada persediaan untuk tindakan pengembangan selanjutnya. Apa pun sukses yang telah Anda raih, Anda harus berpikir tentang persediaan untuk tahun berikutnya, kemudian sebarkan bibit sukses Anda kepada orang lain, dan kembangkan lebih besar lagi potensi keberhasilan Anda selanjutnya. Ingat, harus selalu ada persediaan!

Jangan berpusat pada keterbatasan. Sesungguhnya Anda memiliki lebih banyak potensi untuk meniadakan keterbatasan tersebut. Tentukan sukses Anda tahun ini sekarang. Berbuahlah Sepanjang Tahun! Jika saya bisa, mengapa Anda tidak?


  Username
  Email
Komentar  


Pengumuman  

  2019-11-11

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-07

Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-11-05

Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka

  2019-03-22

Pengumunan Hasil Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Tahun 2019

Menu Lainnya 

Hubungi Kami  

  BKPSDM ( Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia )
Jalan Jendral Ahmad Yani No.1 - Majalengka ( 45418 )
Telp./Fax. (0233)281366
Email bkdmajalengkakab@gmail.com
Share :